Buscar

Meditasi bukan semedi

Siang Bloggers..

Kali ini gw mau sharing tentang meditasi. Apa sih meditasi, apa gunanya untuk kesehatan, dan tips melakukan meditasi yang mudah dirumah.
Menurut wikipedia, Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Makna harfiah meditasi adalah kegiatan membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan. Arti definisinya,
meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku.


Nah, setelah mengetahui apa itu meditasi, seperti yang disebut diatas gw juga mau menginformasikan manfaat meditasi bagi kesehatan. Apa aja sih?
1. Mengurangi sakit
Rasa sakit yang kita rasakan di bagian tubuh sebenarnya berasal dari pikiran. Karena itulah meditasi selama 80 menit diketahui bisa mengurangi persepsi sakit sampai setengahnya. Memusatkan pikiran saat bermeditasi diketahui akan membantu kita mengelola dampak emosional dari rasa nyeri fisik.


2. Meningkatkan kepuasan seksual
Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine tahun 2011 menemukan berlatih meditasi secara teratur akan meningkatkan kepuasan seksual pada wanita. Selain itu mereka yang rutin
bermeditasi juga mengaku gairahnya lebih mudah dibangkitkan oleh pasangannya.


3. Menjernihkan pikiran
Ini sebenernya tujuan utama melakukan meditasi. Mereka yang rutin melakukan meditasi lebih berhati-
hati terhadap apa yang dilakukan atau keputusan yang akan diambil. Meditasi juga membantu kita melihat setiap persoalan dengan lebih jernih. Meditasi perlu dilakukan sebelum melakukan hal-hal penting, contoh mau interview kerja, memutuskan hal penting atau mungkin ketika persiapan mau ujian sidang skripsi.


4. Menguatkan mental
Meditasi bisa melindungi seseorang dari peristiwa yang menimbulkan trauma psikologis, seperti peperangan atau perceraian. Dalam penelitian di tahun 2010 terhadap tentara AS yang bersiap perang,
mereka yang berlatih meditasi selama 8 minggu diketahui memiliki kesadaran lebih tinggi dan lebih tenang.


5. Meningkatan empati
Kesadaran diri, pemusatan perhatian pada hubungan yang dalam antara batin dan tubuh yang ditemukan dengan berlatih meditasi bisa menjadi modal untuk meningkatkan rasa empati kita pada sesama.


6. Meningkatkan fokus
Keseharian kita yang tak pernah lepas dari ponsel, laptop, iPad, dan gadget lainnya tanpa disadari membuat kita sulit untuk fokus pada satu hal. Latihan pernapasan yang kita lakukan serta keheningan meditasi akan mengembalikan fokus, membantu mengendalikan pikiran, serta mengembangkan pikiran yang sehat.

Tips untuk melakukan meditasi di rumah:
1. Untuk yang suka aromatheraphy, entah yg burner, difuser atau yang candle stick bisa dinyalakan dan ditaruh disudut ruangan


2. Pilih ruangan yang agak gelap atau remang-remang pencahayaannya juga paling tenang. Ini penting krn meditasi butuh fokus jadi harus ditempat yang tenang


3. Sebelum meditasi kita bisa siapin minuman hangat kaya hot milk tea, yang diminum sebelum meditasi supaya pikiran sama hati kita rileks.

Gw sendiri adalah orang yang sangat suka bermeditasi, biasanya gw lakuin dikamar gw dan semua jendela gw tutup. Penerangan gw cm dr lilin burner aromatheraphy gw. Dan secara pribadi gw sendiri sangat menikmati waktu-waktu meditasi gw dan manfaatnya selalu sukses bikin gw tenang sebelum ngadepin hal-hal penting.
Belum lama ini gw baru aja sidang skripsi dan sehari sebelum gw sidang, gw sempetin waktu untuk meditasi dan fokus dengan hal-hal baik yang bakal terjadi after gw sidang dengan sukses..Dan bener aja, sidang gw lancar, gw tenang banget pas presentasi dan hasil skripsi gw juga sangat memuaskan..


Selamat mencoba, Be Upnormal!

0 comments: