Buscar

Kado handmade, gabungan cinta, kreativitas dan "hemat"



Hai hai bloggers,


Hehehe kalo baca judulnya pasti yang kebayang dari kado handmade itu bikin scrapbook, atau bikin kue, atau bahkan bikin kerajinan yang pakai kain felt. No, no, no, kali ini gw mau bahas sedikit dari ide spontan gw yang dibulan ini dibuat bingung karena pacar dan sahabat baik gw ulang taun dan hanya selang 3 hari, keuangan pun menipis jadi harus puter otak supaya tetep memberikan kado yang menunjukan perhatian dan cinta di hari spesial orang yang kita sayang tapi tetep ga bikin kantong bolong.

So, ide gw yang pertama adalah membuat sebuah frame 3D, apa aja yang dibutuhin untuk bikin ini?
- Pigura yang besar
- Gabus yang cukup tebal
- Foto ukuran 5R
- Gunting
- Penggaris
- Lem
- Kertas daur ulang

Cara membuatnya simpel, cuma gunting kotak ukuran 5x5 cm aja gabus dan foto-foto, setelah itu kita tempel foto sm gabusnya pakai lem, trus kalo udah jadi semua 20 foto yang ditempel gabus, kita bisa susun berbentuk hati di kertas daur ulang dan VOILA jadi deh frame 3D berbentuk hati. Kan biasanya kl bikin frame foto tuh dibikin kolase gitu, jadi karena gw pengen sesuatu yang beda, makanya kepikir ide ini. Walaupun simpel tapi pasti bikin siapapun yang dikasih ini kegirangan dan kado ini bisa dihadiahkan ke pacar ataupun sahabat kita lho!
Frame Hati 3D
Bahan-bahan
Ide kedua gw itu Beads Flip Flop, ini dibuat dari bahan-bahan simpel lo dan sahabat yang nerima ini pasti seneng banget dan ga ngira kalo ini handmade!
- Sendal jepit (jgn merk swallo* ya, hahaha)
- Beads aneka bentuk
- Pita yang lebarnya 1/2 cm
- Lem korea atau UHU
- Benang
- Jarum                      
- Tinner/ aceton
- Kotak sepatu bekas
- Kertas kado
- Pita
Beads Flip Flop
Cara membuatnya simpel sih cuma harus sabar, karena pita dililit keseluruh tali di sendal jepitnya sampai tertutup sempurna. Setelahnya baru jait satu-satu semua beadsnya, kalau yang kecil bisa ditempel pakai lem. Terus untuk ilangin merk sendal jepitnya bisa digosok pakai tinner atau aceton, ini mesti sabar lo karena ga bisa langsung ilang gitu aja..hahahha tangan gw aja sampe panas dan keriput ngegosok merknya sampai ilang. Setelah jadi, nggak lengkap dong kl nggak dibungkus rapi. Jadi gw menyulap kotak sepatu bekas, gw bungkus tutupnya pake kertas kado dan gw kasih merk di bagian samping kotaknya, kasih pita diatasnya, cantik kaaaan?^-^
This is it, hasil akhirnya jadi ga kaya sendal jepit kan, dan modal untuk bikin semua ini ga sampai 100ribu lho :D

Packaging & Greeting Card
Ide selanjutnya dari gw adalah bikin majalah sesuai dengan hobi orang yang kita sayang. Misalnya pacar lo suka dengan fashion, lo bisa buat majalah yang isinya trend fashion terbaru. Atau misalnya pacar lo suka fotografi, lo bisa bikin buklet yang nampilin hasil fotografi yang keren-keren. Kalau gw sih temanya semua tentang MU, karena emang pacar gw suka banget sama tim itu. Kalau ditanya ribet nggak bikinnya? pastinya ribet, cuma dengan bikin ini jadi ketauan kita serius pengen bikin sesuatu yang spesial diharinya yang juga spesial.

Cover MU Special Edition
Isi Majalah
Ide terakhir kado handmade dari gw adalah video stopmotion. Mungkin ada yang belum tau tentang video stopmotion. Video stopmotion itu video yang dibuat dari ratusan foto yang disatukan menjadi sebuah video yang gerakannya terlihat seperti patah-patah. Nah, buat video stopmotion ini nggak mudah, mesti banyak sabar dan banyak kreativitas mulai dari ide, pemotretannya, editing sampai pemilihan lagu semuanya harus dikerjain satu persatu dan sabar. Gimana nggak sabar, orang untuk durasi satu menit aja butuh sekitar 200 frame foto!hahahha dan semua foto harus dipotret pakai tripod biar ga goyang dan stabil sekaligus digerakin sedikit-sedikit biar dapet pergerakan yang halus. Kalau untuk yang satu ini memang nggak mudah, tapi untuk orang yang benar-benar kita sayang, semua jadi terasa mudah kan?





Nah Bloggers, kado handmade seperti apa yang mau kalian buat untuk orang yang kalian sayang?
Mudah-mudahan tulisan ini bisa ngasih ide ya untuk kalian yang masih bingung-bingung milih kado.


Be Upnormal!

PS: Say it with love :3